Minggu, 18 Januari 2015

Membuat dan Mengkonfigurasi Hotspot Mikrotik

              Wi-Fi (play /ˈwf/, juga ditulis Wifi atau WiFi) adalah sebuah teknologi terkenal yang memanfaatkan peralatan elektronik untuk bertukar data secara nirkabel (menggunakangelombang radio) melalui sebuah jaringan komputer, termasuk koneksi Internet berkecepatan tinggiWi-Fi Alliance mendefinisikan Wi-Fi sebagai "produk jaringan wilayah lokal nirkabel (WLAN) apapun yang didasarkan pada standar Institute of Electrical and Electronics Engineers (IEEE) 802.11".[1] Meski begitu, karena kebanyakan WLAN zaman sekarang didasarkan pada standar tersebut, istilah "Wi-Fi" dipakai dalam bahasa Inggris umum sebagai sinonim "WLAN".

               Sebuah alat yang dapat memakai Wi-Fi (seperti komputer pribadi, konsol permainan video,telepon pintartablet, atau pemutar audio digital) dapat terhubung dengan sumber jaringan seperti Internet melalui sebuah titik akses jaringan nirkabel. Titik akses (atau hotspot) seperti itu mempunyai jangkauan sekitar 20 meter (65 kaki) di dalam ruangan dan lebih luas lagi di luar ruangan. Cakupan hotspot dapat mencakup wilayah seluas kamar dengan dinding yang memblokir gelombang radio atau beberapa mil persegi — ini bisa dilakukan dengan memakai beberapa titik akses yang saling tumpang tindih.

               "Wi-Fi" adalah merek dagang Wi-Fi Alliance dan nama merek untuk produk-produk yang memakai keluarga standar IEEE 802.11. Hanya produk-produk Wi-Fi yang menyelesaikan uji coba sertifikasi interoperabilitas Wi-Fi Alliance yang boleh memakai nama dan merek dagang "Wi-Fi CERTIFIED".

                 Wi-Fi mempunyai sejarah keamanan yang berubah-ubah. Sistem enkripsi pertamanya, WEP, terbukti mudah ditembus. Protokol berkualitas lebih tinggi lagi, WPA dan WPA2, kemudian ditambahkan. Tetapi, sebuah fitur opsional yang ditambahkan tahun 2007 bernama Wi-Fi Protected Setup (WPS), memiliki celah yang memungkinkan penyerang mendapatkan kata sandi WPA atau WPA2 router dari jarak jauh dalam beberapa jam saja.[2] Sejumlah perusahaan menyarankan untuk mematikan fitur WPS. Wi-Fi Alliance sejak itu memperbarui rencana pengujian dan program sertifikasinya untuk menjamin semua peralatan yang baru disertifikasi kebal dari serangan AP PIN yang keras.

                  Sebuah alat Wi-Fi dapat terhubung ke Internet ketika berada dalam jangkauan sebuah jaringan nirkabel yang terhubung ke Internet. Cakupan satu titik akses atau lebih (interkoneksi) — disebut hotspot — dapat mencakup wilayah seluas beberapa kamar hingga beberapa mil persegi. Cakupan di wilayah yang lebih luas membutuhkan beberapa titik akses dengan cakupan yang saling tumpang tindih. Teknologi Wi-Fi umum luar ruangan berhasil diterapkan dalam jaringan mesh nirkabel di London, Britania Raya.

                    Wi-Fi menyediakan layanan di rumah pribadi, jalanan besar dan pertokoan, serta ruang publik melalui hotspot Wi-Fi yang dipasang gratis atau berbayar. Organisasi dan bisnis, seperti bandara, hotel, dan restoran, biasanya menyediakan hotspot gratis untuk menarik pengunjung. Pengguna yang antusias atau otoritas yang ingin memberi layanan atau bahkan mempromosikan bisnis di tempat-tempat tertentu kadang menyediakan akses Wi-Fi gratis.

Pada percobaan kali ini kita akan melakukan instalasi hotspot pada mikrotik serta dapat mengkonfigurasi komponen komponen pendukung hotspot tesebut

Langkah Kerja dan Hasil

Pada percobaan untuk dapat membuat hotspot pada mikrotik tentunya mikrotik harus terhubung ke sumber internet, karena kita akan membuat hotspot yang dapat mengakses internet ,percobaan kali ini kita menggunakan ether 2 dari mikrotik untuk konfigurasi atau console, ether 3 sebagai DHCP client dari internet dan mengaktifkan hotspot yang ada pada mikrotik dimana hotspot yang diaktifkan akan memberikan IP secara dynamic pada client atau bersifat DHCP server. Untuk langkah langkahnya adalah sebagai berikut :

1. Membuka aplikasi winbox yang telah diinstal pada PC console,kemudian jalankan aplikasi tersebut seusai dengan mac address dari PC console.

2. Membuat DHCP client pada ether 3 mikrotik dengan klik IP>DHCP client >klik tanda "+". 
    DHCP client ini berfungsi sebagai port yang bertugas meminta IP dari penyedia internet 
    yang akan diakses oleh host host dari mikrotik. Pada percobaan saya membuat port 
    DHCP client adalah port ether 3,seperti yang ditunjukkan pada gambar berikut


3. Membuat hotspot sebagai DHCP server dengan IP default gateway 200.200.10.1/24,
    dengan cara sebagai berikut
  •  klik IP>hotspot>kemudian pada tab server klik hotspot setup kemudian 

          aktifkan wlan yang akan kita aktifkan pada mikrotik,lalu klik next seperti pada gambar
          berikut
  • Memasukkan IP default gateway hotspot 200.200.10.1/24, lalu klik next


  • Memasukkan Adrees pool / range IP DHCP yang akan diberikan pada client    .Pada percobaan kali ini kita akan memberikan range IP DHCP full pada network dari    2=254, seperti yang ditunjukkan pada gambar berikut, lalu klik next



  • Pada SSL interface pilih none, lalu klik next

  • Ganti IP address SMTP server dengan 0.0.0.0 lalu klik next

  • Masukkan DNS Server yang akan digunakan oleh hotspot, Masukkan DNS server
    sesuai dengan minat admin ,klik next lalu kosongkan nama DNS ,kemudian klik next


  • Maka jika kita telah sukses membuat DHCP server hotspot maka tampilannya
    akan seperti berikut


4. Pada Gui Hotspot pilih tab server profile kemudian klik tanda "+". Kemudian buat nama
    hotspot profile sesuai yang diinginkan lalu klik ok

5. Pada hotspot pilih user profil lalu klik tanda "+".Disni kita akan membagi kelas kelas
    untuk layanan kecepatan dari user kita akan membuat user dengan kecepatan 128kbps,
    512k dan 1Mbps dengan nama pengguna sesuai dengan keinginan administrator,
    kemudian ganti address pool dengan DHCP pool 1 karena kita menggunakan DHCP 
    server hotspot dengan tipe DHCP pool 1, seperti yang ditunjukkan gambar berikut

    sehingga tampilannya sebagai berikut

6. pada tab user dari hotspot tambahkan name dan password pada hotspot yang telah 
    dibuat (hotspot1).Kemudian tipekan name dan password tersebut dengan kelas 
    kecepatan bandwidth yang telah dibuat pada user profile. Name dan password
    ini berguna untuk keamanan jika user akan mengakses internet pada browser


7. Pada tab interface winbox,pilih mode apbridge dan tentukan nama SSID dari hotspot
    Nama SSID tersebut yang akan terbaca dari host yang akan menggunakan hotspot

8. Kemudian klik tab quick set pada winbox ,lakukan konfigurasi sebagai berikut,klik ok


Sehingga kita telah dapat membuat hotspot dari mikrotik, dengan langkah langkah seperti ditas ,

Hasil tampilan SSID yang didapatkan pada android

            Kemudian Coba akses IP default gateway pada browser host,sehingga browser akan mengarahkan user pada laman login untuk dapat akses internet, masukkan user name dan password sesuai dengan kelas pengguna ,misal kita ingin masuk dengan akses 1M,maka kita masuk dengan user name dan password yang telah dibuat untuk pengguna1M yaitu username=user3 dan password=user3, seperti yang ditunjukkan pada gambar berikut



          Sehingga kita telah dapat membuat dan mengkonfigurasi hotspot pada mikrotik dengan langkah langkah dan petunjuk yang telah di jelaskan

Referensi












Tidak ada komentar:

Posting Komentar