Kamis, 30 Oktober 2014

Pengujian Kestabilan Jaringan dengan iterasi PING





I.Dasar Teori

         Pengguna internet di indonesia semakin meningkat dari tahun ke tahun seiring berkembangnya muatan informasi dan bergesernya karakteristik masyarakat Indoensia menjadi information oriented. Kondisi ini dapat dengan mudah ditemui di masyarakat perkotaan dan bahkan di masyarakat pedesaan dengan ditandai munculnya beberapa tempat akses internet seperti warnet atau bahkan jaringan 2.5G-3G yang mudah diakses dengan modem GSM atau CDMA.
          Perkembangan yang positif ini bukannya tanpa masalah, dan yang paling mudah dideteksi adalah permasalahan di sisi user yaitu perihal lambatnya kecepatan akses akibat kondisi jaringan yang kurang baik dengan berbagai faktor yang mempengaruhinya. Pada praktikum ini mahasiswa melakukan analisis sederhana tentang unjuk kerja jaringan akses internet yang digunakan. Data yang digunakan berupa ukuran round trip time (RTT) dari PC pengguna ke server web tujuan. Aplikasi yang digunakan yaitu PING dan Spread Sheet untuk mengolah data  dan membuat grafik.

 PDF (Probability Density Function)

              Fungsi kepadatan probabilitas atau probability density function menyatakan nilai probabilitas dari setiap keajadian X dan dituliskan dengan p(X). Contoh pada kasus kita ini adalah dimana X merupakan tiap-tiap ukuran paket data dari data pada langkah sebelumnya, dengan RTT range 25 ms. Caranya, nilai RTT terkecil kemudian tambahkan 25 ms itu jadi range pertama, dan lanjutkan sampai data RTT terbesar masuk dalam range terakhir. Nilai PDF akan menampilkan kemungkinan jumlah data dalam range. Nilai semua kemungkinan adalah 1. Jadi, jika nilai kemungkinan atau probabilitas suatu range semakin tinggi maka jumlah data pada range tersebut semakin besar.

         CDF (Cumulative Density Function)
                Fungsi kepadatan kumulatif atau Cumulative Density Function adalah fungsi yang menjumlahkan nilai kemungkinan sampai suatu kejadian tertentu (1). Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya jumlah nilai kemungkinan adalah 1.
 
 

II. Analisa dan Hasil

       Pada percobaan ini kita akan melakukan pengujian kestabilan jaringan server google.co.id dengan melakukan ping 1000 kali pada server tersebut. kita akan melakukan penujian pada 64,128,512 dan 1024 Byte.Untuk melakukan tes dengan 1000 literasi ping dapat dilakukan dengan mengetik perintah pada cmd,misal pada 64 Byte maka ketik -n 1000 -l 64 -i 225 > 64.txt .
             Untuk mengetahui kestabilan server tersebut kita harus mengetahui RTT untuk beberapa kali ping,pada percobaan digunakan 1000 kali ping. Kestabilan ini dapat digambarkan dengan metode grafik PDF dan CDF .

Untuk dapat memisahkan data RTT pada file.txt dapat dilakukan dengan langkah berikut :

 Buka file hasil ping pada excel dengan menekan ctrl + o


pilih delimited dan tekan next.

pisahkan angka RTT sehingga dengan melihat huruf atau tanda setelah angka pada file ada tanda '='


kemudian ulangi memisahkan angka dengan huruf





Sehingga angka RTT telah terpisah dan data kita jadi acuan untuk menggambar grafik PDF dan CDF


64 Byte

Gambar 1 .PDF untuk 64 Byte
 
Gambar 2. CDF untuk 64 Byte

 128 Byte

Gambar 3 PDF untuk 128 Byte

 
Gambar 4 CDF untuk 128 Byte
 512 Byte

 
Gambar 5 PDF untuk 512 Byte
 
Gambar 6 CDF untuk 512 Byte
 1024 Byte

 
Gambar 7 PDF untuk 1024 Byte
 
Gambar 3 CDF untuk 1024 Byte

        Pada Perbandingan byte byte diatas untuk PDF dan CDF Terlihat untuk Byte kecil 64 dan 128 rata rata grafik CDF berada di angka 1 ini menunjukkan kestabilan data terdapat pada byte byte rendah,hal ini dikarenakan byte rendah merupakan bandwitdth yang kecil sehingga prosess pengiriman data pada server akan lebih cepat sehingga kestabilan jaringan akan lebih stabil,sehingga saat transmisi data dengan Byte rendah akan menghasilkan RTT yang kecil.Grafik PDF merupakan acuan untuk menggambarkan grafik CDF ,Grafik CDF merupakan indikator untuk melihat kestabilan jaringan atau server. Semakin mendekati rata rata 1 pada CDF maka dapat disimpulkan server semakin stabil

Referensi 



Tidak ada komentar:

Posting Komentar